LAPORAN
HASIL OBSERVASI
PERKEMBANGAN
ANAK USIA SD
DILINGKUNGAN
SEKOLAH DAN LUAR SEKOLAH
Disusun
guna memenuhi tugas individu
Mata Kuliah Perkembangan
Peserta Didik
Dosen pengampu : Dewi
Liana sari, S. Pd.
Oleh
:
DODO
PRASTYOKO 12.0305.0170
PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
2012/2013
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Setiap individu mempunyai keunikan
mempunyai kemampuan dan karakteristiknya masing-masing. Perkembangan anak pada usia
sekolah dasar (enam sampai dua belas tahun) merupakan sesuatu yang kompleks.
Artinya banyak faktor yang berpengaruh dan saling terjalin dalam berlangsungnya
proses perkembangan anak. Baik unsur-unsur bawaan maupun unsur-unsur pengalaman
yang diperoleh dalam berinteraksi dengan lingkungan, saling memberi kontribusi
tertentu terhadap arah dan laju perkembangan anak tersebut.
Secara fisik, anak
anak pada usia sekolah memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan
kondisi fisik sebelum dan sesudahnya. Karakteristik perkembangan fisik ini
perlu di pelajari dan di pahami oleh para guru dan calon guru karena akan
memiliki implikasi tertentu bagi penyelenggaraan pendidikan. Dalam hal ini
diasumsikan bahwa aktivitas-aktivitas anak termasuk aktivitas belajar dan
aktivitas-aktivitas mental lainnya, akan banyak dipengaruhi oleh kondisi
fisiknya. Selain itu, juga diyakini bahwa pertumbuhan fisik anak dapat
memberikan pengaruh terhadap perkembangan kepribadian anak secara keseluruhan.
B. Tujuan
Untuk mengetahui prkembaangan anak saat
usia SD, baik anak yang sekolah maupun anak yang tidak sekolah (Anak Jalanan).
Dan melakukan perbandingan perkembangan fisik yang dialami anak yang sekolah
dan anak yang tidak sekolah (Anak Jalanan)
BAB II
HASIL
OBSERVASI
A. Anak SD
1.
Identitas
Sekolah
Nama sekolah : SDN BOROBUDUR 2
Kecamatan : Borobudur
2. Narasumber
Nama :
Rubiyati, S.Pd.
Jabatan : Wali Kelas III SDN BOROBUDUR 2
3. Pelaksanaan
Hari :
Kamis
Tanggal :
27 Juni 2013
Waktu :
13.00 WIB
4. Wawancara
a. Bagaimana perkembangan peserta didik yang
Ibu ajar di kelas ?
Perkembanganya
Anaknya Bagus, Tapi ada satu kendala yaitu ada anak dengan berjeniskelamin
Perempuan yang seharusnya masuk dalam kategori anak berpendidikan khusus yaitu
tergolong Anak Berkesulitan Belajar yang lebih baik dimasukan ke Sekolah Luar
Biasa (SLB) tapi di masukan ke Sekolah atau Kelas normal.
Maka dengan itu
yang terjadi seharusnya anak tersebut Sudah SMP tapi sampai sekarang Ia masih
Duduk di kelas 3 SD.
Solusi, Sebaiknya
Anak tersebut dimasukan ke Sekolah Berkebutuhan Khusus (SLB).
Mata Pelajaran
yang paling ditakuti Anak tersebut adalah Mata Pelejaran Matematika, karena dalam hal perkalian saja sampai
sekarang belum bisa.
b. Bagaimana prkembangan fisik peserta
didiknya ?
Perkembangan Fisiknya terjamin. Kebanyakan
Orang Tua anak adalah Pedangang. jadi makanan atau gisi Anak bisa dikatakan
terjamin.
c. Apakah bentuk pembelajaran di SD ini ?
SD sederhana sekali. Walaupun di kota
tapi masih tetap Tradisional.
d. Bagaimanakah perkembangan IQ anak ?
IQ sangat baik, rata-rata 100% baik.
Terbukti, ketika ada tes TKD (tes kemampuan dasar) Anak bisa lulus.
e. Apakah mayoritas anak memiliki Agama yang
sama ?
Agam rata-rata Islam ..... tapi ada
yang Katolik namun Cuma sedikit bisa dihitung.
f. Bagaimanakah perkembangan Emisi Anak ?
Emosi Anak setiap harinya baik, namun
karena masih kecil emosi Anak masih tinggi tapi masih bisa di atasi
Anak SD BOROBUDUR 2 setiap berangkat
sekolah mereka mengikuti Orang Tuanya yang akan berangkat kerja yang rata-rata Bekerja
di Pasar bahkan ada yang sampai mandi di Pasar, dan setiap pulang Sekolah Ia
juga langsung menyusul orangtuanya kepasar.
g. Apakah anak tau tentang Nilai Moral dalam
aktivitas disekolah ?
Nilai moral anak lumayan tau dan bisa
dikatakan Bagus. Anak-anak juga bisa menghormati oarang lain atau Guru.
B. Anak Jalanan
1. Narasumber
Nama :
ARIYANTO
Alamat :
Gunung Pring, Muntilan
Cita-cita :Pengen
Jadi Artis
Pekerjaan
a. Ayah :
Petani
b. Ibu : Petani
Ngamen : Berangkat dari jam 1 siang dan
pulangnya sampai magrib /
habis magrib
Penghasilan : Rp 15.000,-/ hari, kadang lebih
2. Pelaksanaan Observasi
Hari :
Senin
Tanggal :
08 Juli 2013
Waktu :
17.30 WIB
Tempat :
Di lampu merah Palbapang Jalan Jogjakarta – Magelang
Keterangan : Pernah Sekolah sampai kelas 5 SD
(terbukti bahwa Ia bisa Menbaca dan Menulis), Keluar karena kekurangan biyaya
dikarenakan Orangtuanya tidak mampu, namun sebernernya Ia masih pengen sekolah
tapi karena keadaan ekonomi orang tua yang tidak mencukupi Ia terpaksa keluar
sekolah.
Dan kenapa Ia memilih untuk mengamen, katanya karena mengamen
adalah satu-satunya pekerjaan yang paling mudah bagi anak sekecil dia, dalam
mengamen berapapun hasil yang Ia dapat sehari mengamen dengan teman-temanya Ia
selalu membagi rata uang yang mereka dapat secara adil.
Perbandingan
1. Anak SD
Karakteristik
utama usia sekolah adalah mereka menampilkan perbedaan-perbedaan individual
dalam banyak segi dan bidang, diantaranya perbedaan dalam intelegensi,
kemampuan dalam kognitif dan bahasa, perkembangan kepribadian dan perkembangan
fisik.
Anak
yang mengenyam pendidikan dan tidak dituntut untuk bekerja. Anak yang masih
bebas belajar untuk mencari jati dirinya.
2. Anak Jalanan
Anak
jalanan adalah anak yang rentan bekerja di jalanan, anak yang bekerja
dijalanan, dan/atau yang bekerja dan hidup dijalanan yang menghabiskan
sebagaian besar waktunya untuk melakukan aktivitas hidupnya.
Anak-anak
yang harus terpaksa bekerja karena masalah ketidakmampuan ekonomi yang dialami
keluarganya, budaya dan faktor lainnya. Anak yang melakukan pekerjaan yang membahayakan
dan mengancam kehidupanya.
Seorang
anak yang mempunyai cita-cita yang sulit untuk dicapainya, dan anak yang tak
tau akan masa depanya, sehingga mencari uang
dengan cara mengamen di jalan dll
BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
Dari kegiatan observasi yang dilakukan di SD
BOROBUDUR 2 dapat disimpulkan bahwa mayoritas anak SD sudah menguasai atau
menyelesaikan tugas perkembangannya. Namun, beberapa diantaranya masih ada yang
belum dapat menyelesaikan tugas. Maka harus diberi bimbingan agar anak tersebut
mampu menyelesaikan tugas perkembangannya dengan baik.
LAMPIRAN
POTRET
LINGKUNGAN SD DAN ANAK JALANAN
1.
Potret Lingkungan SD BOROBUDUR 2
2.
Potret Anak Jalanan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar