Minggu, 23 Agustus 2015

PROPOSAL ALAT PERAGA PEMBELAJARAN IPA DI SD



A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Pada dasarnya anak belajar melalui benda/objek konkret. Untuk memahami konsep abstrak, anak-anak memerlukan benda-benda konkret sebagai perantara atau visualisasinya.. Belajar anak akan dapat meningkat bila ada motivasi.. Selama ini pembelajaran yang dilaksanakan tanpa menggunakan alat peraga kurang menarik perhatian siswa, sehingga menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa. Pembelajaran dengan metode ceramah membuat siswa kurang tertarik pada materi yang disampaikan guru, siswa cenderung pasif dan kurang serius dalam proses pembelajaran sehingga materi yang disampaikan oleh guru tidak tertanam dalam benak siswa.  
 Karena itu dalam pengajaran IPA pesawat sederhana bidang miring diperlukan faktor-faktor yang dapat memotivasi anak untuk belajar. Dalam pembelajaran IPA di SD seseorang guru harus mempersiapkan suatu cara bagaimana agar materi IPA pesawat sederhana bidang miring yang diajarkan kepada siswa itu dapat diterima serta dapat dipahami dengan mudah. Oleh sebab itu guru membutuhkan alat peraga yang ideal untuk mata pelajaran IPA khususnya pesawat sederhana bidang miring untuk menunjang proses belajar siswa agar dapat meningkatkan prestasinya.
Alat peraga adalah benda atau alat-alat yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Alat peraga dalam proses pembelajaran memegang peranan yang penting sebagai alat bantu untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Alat bantu pembelajaran adalah perlengkapan yang menyajikan satuan-satuan pengetahuan melalui stimulasi pendengaran, penglihatan atau keduanya untuk membantu pembelajaran. Cara pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga diharapkan prestasi belajar dapat memuaskan.

B.     RUMUSAN MASALAH:
Dari latar belakang masalah dapat diambil rumusan masalah yaitu:
  1. Bagaimana penilaian guru pada alat peraga pesawat sederhana khususnya bidang miring dalam pembelajaran IPA kelas 5 SD?

C.     TUJUAN:
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu:
  1. Untuk mengetahui penilaian guru pada alat peraga pesawat sederhana khususnya bidang miring dalam pembelajaran IPA kelas 5 SD

D.    MANFAAT PENELITIAN:
Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat memiliki manfaat sebagai berikut:
  1. Bagi Guru
Memberikan motivasi bagi guru untuk selalu menggunakan alat peraga khususnya pelajaran IPA  agar prestasi siswa dapat meningkat.
  1. Bagi Peneliti
a)      Peneliti dapat mengetahui seberapa besar pengaruh alat peraga terhadap pembelajaran IPA
b)      Peneliti dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan alat peraga IPA bidang miring.

UNTUK LEBIH JELASNYA BISA DOWNLOAD FILE KESELURUHANYA DISINI

SEMOGA BERMANFAAT
SALAM INDAHNYA BERBAGI 

Tidak ada komentar: